METEOR.JS PART 2


MEMBUAT APLIKASI METEOR.JS
Untuk membuat aplikasi Meteor yg kita inginkan , kita harus meng edit dan menambahkan komponen komponen yg didiperlukan sesuai hirarki yg kita inginkan. Untuk memahami nya kita perlu belajar tentang html dan javascript .
Setiap applikasi berbeda namun secara garis besar , berisi:
• HTML files, untuk interface .
• CSS files, untuk tampilan/style  dari interface.
• JavaScript files, untuk menjabarkan logika dari aplikasi.
• Folders, untuk mengorganisir file .
Untuk penjelasan dan tutorial step by step bisa di pelajari pada beberapa buku berikut yang menurut saya dengan baik menjelaskan fungsi packages dan pengunaanya , serta turtorial untuk membuat aplikasi sederhana .
Berikut beberapa refernsi buku yang bisa dibaca :
  1. Building Single-page Web Apps Meteor
  2. Your First meteor Aplication
  3. Meteor Cookbook
  4. Getting-Started-Meteor-js-JavaScript-Framework
Beberapa bisa didownload secara gratis namun tidak disertakan file contoh, namun bisa di ikuti dengan baik dan mudah dimengerti.
Di bahasan kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara garis besar tentang program recipebook dengan meteor.js , untuk lebih memahami dan anda bisa me clone dr alamat git berikut : https://git.heroku.com/recipe167.git dengan command
Meteor akan  membuat folder bernama recipe167, didalamnya  sudah terisi file yg sama persis untuk menjalankan applikasi recipe book pada local host. Anda bisa mencoba nya dengan masuk ke folder recipe167 , dan menjalankan meteor.
Package yg dibutuhkan akan terdownload secara otomatis, tunggu hingga semua package selesai terdownload dan meteor jalan di localhost:3000
Untuk lebih jelasnya akan saya jabarkan secara garis besar saja, untuk coding nya bisa di pelajari sendiri dengan menyimak video di link dibawah.
  1. Folder dan kegunaannya
Ada 5 folder utama, client, collections,lib,resources,server
  • Client : folder client di gunakan untuk file yg akan berada di sisi client yg akan membentuk antarmuka yg di gunakan oleh pengguna.
Folder client berisi menu.html dan menu.js serta 3 folder utama yaitu layout, partial,recipes. File menu html dan menu.js merupakan antarmuka awal untuk applikasi ini.
Folder layout berisi tentang pengatiran layout utama dan layout pada halaman berikutnya.
Folder partial berisi tentang pengaturan header dan navigation bar
Folder recipes berisi tentang pengaturan pada tiap menu yang ada pada applikasi, di bedakan menurut menunya supaya lebih mudah untuk diedit.

  • Collections : folder ini berisi javascript untuk bagaimana database mongo ter input dan tersimpan saat applikasi sudah terdeploy sempurna ke server kita dalam contoh ini heroku.
  • Lib : folder ini berisi routes.js , berupa file javascript yg akan merute kan jalannya perintah yg di jalankan lewat antarmuka oleh pengguna
  • Resources : folder ini berisi icon dan splash screen untuk digunakan saat kita merubah icon laucher dan splash screen saat applikasi dijalankan
  • Server : folder ini berisi instruksi java script untuk memulai applikasi di sisi server , file init.js sama fungsinya seperti kita mengetik command meteor run. File publish untuk mepublish resep yg di buat oleh pengguna.
  1. Style : file styles.styl merupakan pengaturan bagaimana tampilan yg kita gunakan secara mendetail. Dari warna, ukuran, font, symbol  dan detail yg lain.
  2. Mobile Config : mobile-config.js merupakan file yg berisi pengaturan untuk build applikasi baik apk dan ipa. Pengaturan icon splash screen dan meta data applikasi berada disini.
  3. Package.json : merupakan pengaturan package yg dibutuhkan oleh mongodb. Berisi keterangan tentang applikasi kita dan dependencies yg dibutuhkan oleh applikasi .
Untuk lebih detail penjelasan  step by step bisa di simak pada video berikut, ada 25 file video yg menjelaskan secara gamblang step by step sehingga kita bisa lebih mengerti dan paham  bagian bagian dari file diatas.
Video bisa di akses pada link berikut :


0 comments:

Post a Comment

My Facebook