RAM Evolution

Perkembangan PC (Personal Computer) yang sedemikian pesat tentunya tidak lepas dari kebutuhan manusia akan informasi yang harus diolah oleh PC serta tentu saja perkembangan teknologi, khususnya teknologi hardware, software, serta algoritma yang digunakan dalam memproses informasi yang diolah tersebut. Namun perkembangan kemampuan PC tidak selalu ditentukan oleh perkembangan prosessor semata. Masih faktor lainnya, seperti teknologi chipset, memori, kartu VGA, perangkat media simpan, dan sebagainya. Semua perangkat saling berkembang, berevolusi ke arah yang lebih baik untuk bersama - sama membangun sistem PC yang tangguh


Jika dua dekade lalu PC yang diotaki prosessor Intel 8088 hanya mampu berjalan dengan kecepatan 4,77 MHz yang digunakan untuk menggerakkan program pengolah kata dalam pembuatan dan editing dokumen, spreadsheet sederhana untuk mengerjakan pekerjaan akuntansi maupun bisnis, dan program database sederhana dan sedikit program pendidikan dan game yang juga masih sangat sederhana. Kini PC yang diotaki Intel Pentium 4 coreduo mampu berlari dengan kecepatan 3GHz, bahkan baru - baru ini Intel Corp melalui ajang Intel Developer Forum-nya, telah menunjukkan demo prosessor Intel berkecepatan 3,5GHz! Suatu lompatan penemuan teknologi yang cukup fantastis.

Perkembangan kemampuan prosessor yang pesat tentunya harus diimbangi dengan peningkatan kemampuan memori. Sebagai penampung informasi yang dibutuhkan oleh prosessor sekaligus sebagai penampung hasil dari perhitungan yang dilakukan oleh prosessor, kemampuan memori dalam mengelola data tersebut sangatlah penting. Percuma saja sebuah sistem PC dengan prosessor berkecepatan tinggi apabila tidak diimbangi dengan kemampuan memori yang sepadan. Untuk Itulah disini akan dibahas beberapa hal yang berkaitan dengan memori atau istilah kerennya RAM [Random Acces Memory], mulai dari istilah - istilah yang berkaitan dengan RAM , bagian dari RAM dan sejarah evolusi dari RAM itu sendiri.

Istilah Istilah Pada RAM
Bagian Bagian RAM
Sejarah Evolusi RAM
Sejarah Evolusi Modul RAM

0 comments:

Post a Comment

My Facebook